Gerhana Bulan 31 Januari 2018, Mengapa Iistimewa?

Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.Peristiwa tersebut diakibatkan oleh gerakan bumi dan bulan yang dinamis.
Gerhana bulan yang diprediksi akan terjadi pada tanggal 31 Januari merupakan gerhana total, yaitu seluruh penampang bulan akan tertutup oleh bayangan bumi. Gerhana bulan yang akan terjadi bertepatan dengan fenomena trilogy supermoon, yaitu saat bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi. Bulan berada pada jarak 358.993 km dari Bumi. Pada 29,5 jam berikutnya, yakni pada pukul 20:26 di tanggal 31 Januari 2018, Bulan kembali berada pada fase purnama.

 

Fenomena astronomi yang memukau ini akan terlihat di sebagian besar wilayah Indonesia. Gerhana bulan yang akan terjadi terdapat beberapa fase, mulai dari fase awal hingga fase terakhir. Di Indonesia timur fase awal diprediksi terjadi mulai pukul 19.49 WIT, yang akan terlihat adalah bulan mulai tertutup perlahan, 1 menit kemudian akan muncul gerhana bulan sebagian selama kurang lebih 60 menit. Selanjutnya adalah fase gerhana total dimulai, bulan akan tertutup seluruhnya, disebut gerhana bulan total. Durasi gerhana bulan total kurang lebih 1 jam 16 menit. Durasi keseluruhan mulai fase awal hingga fase akhir sekitar 5 jam 20 menit.

Gerhana bulan yang akan terjadi aman disaksikan dengan mata telanjang tanpa teleskop atau binokuler. Jangan lupa siapkan kamera, abadikan indahnya bulan yang akan berubah warna menjadi merah selama gerhana terjadi.

Ditulis oleh: Umi Fauziah, S.Pd, Guru Geografi SMA Muhammadiyah Al-Amin

One Comment to Gerhana Bulan 31 Januari 2018, Mengapa Iistimewa?

  1. Tatik says:

    Terimakasih informasinya bermanfaat sekali untuk menambah pengetahuan para readers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *